Tema Stok Foto dan Video Istock Photo Bulan April 2020

Bingung mau ambil Tema stok foto dan video apa untuk di jual di Istock dan Getty Images? Coba baca artikel ini sampai habis ya 🙂

Ide untuk menambah stok foto untuk kemudian dijual di microstock bagi sebagian orang terasa sangat sulit. Pertanyaan, foto seperti apa sih yang biasanya laku dijual menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan temen-temen microstocker, khusus nya yang baru mulai menggeluti dunia microstock dan sudah nonton beberapa video saya di channel http://bit.ly/Fajrul

Pada dasarnya tiap microstock site punya analisa sendiri yang mereka ambil dari hasil pencarian di website mereka, jenis foto apa yang paling banyak dicari oleh calon pembeli tiap bulannya. Seperti yang sudah pernah saya bahas tentang Foto yang Laku Dijual di Istock dan Getty Images. Istock atau Getty Images tiap bulannya sudah merilis tema-tema apa saja yang sedang hits.

Tema Stok Foto dan Video

Misal untuk bulan April 2020 mereka merilis Tema Stok Foto dan Video nya adalah “Feeling Sick”. Getty Images bilang tema ini muncul bukan hanya karena pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh negara di dunia tetapi demand atau permintaan untuk tema-tema kesehatan ini selalu tinggi tiap bulannya.

Nah, Karna dibeberapa daerah sudah mulai ada PSBB karna pandemi virus corona, saya sarankan temen-temen bisa memberdayakan keluarga sendiri sebagai model nya, bisa anak, istri, adik, kakak ataupun orang tua agar foto yang kalian hasilkan bisa beragam dan tentu saja minta mereka untuk mengisi model rilis nya. Tapi jangan lupa kalau foto mereka laku terjual, beri mereka penghargaan seperti hadiah atau uang 🙂

Untuk cara membuat model rilis, silahkan tonton video ini Cara Membuat Model Rilis / Property Rilis dengan Easy Release Android Apps

Konsep Foto yang akan Di Submit di Microstock

Karena bukan fotografer pro, saya pribadi sebelum motret biasanya selalu melihat referensi foto-foto yang sudah ada, kalian bisa menggunakan metode ATM (amati, tiru, modifikasi). Untuk desain vektor mungkin metode ATM ini agak kontroversi apalagi tracing desain orang lain dan dimodifikasi, haram betul tentunya. Tapi untuk foto, saya kira ngga ada masalah karna background nya pasti berbeda, model nya pasti berbeda (wajah, pakaian, dll) dan tentu eksekusi nya punya bisa dipastikan berbeda.

Kalian juga bisa menggunakan benda-benda dirumah yang biasa digunakan ketika ada anggota keluarga yang sakit, misal termometer, tisu, inhaler, handuk kecil untuk kompres demam, dan lainnya.

Setelah selesai melakukan pemotretan, jangan lupa edit dulu file foto kalian sebelum disubmit agar tidak ada revisi dan bisa langsung diterima oleh Istock ataupun Getty Images. By the way, buat temen-temen yang belum tahu beda Istock dan Getty Images, silahkan baca artikel ini Apa Perbedaan Kontributor iStock dan Kontributor Getty Images ?

Bagi kalian yang masih memotret dengan Smartphone, untuk memudahkan proses editing kalian bisa menggunakan aplikasi android Snapseed yang bisa kalian download gratis di Google play store. Saya juga sudah buatkan video tutorial nya yang bisa kalian tonton di sini Cara Mudah Edit Foto Pake HP Agar Diterima Shutterstock dan Istock.

Jika semua file sudah siap di submit, silahkan gunakan link berikut jika kalian kalian menggunakan pc atau laptop :

Untuk kalian yang menggunakan aplikasi Getty Images Contributor di Smartphone, bisa menambahkan kode brief 775197426  saat kalian membuat batch baru.

Freelance Photographer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.