Upload Video di Shutterstock Menggunakan HP, Begini Caranya !

Apakah bisa upload video di Shutterstock hanya menggunakan HP ? Tentu saja bisa, pada tulisan kali ini saya akan coba jelaskan langkah-langkah bagaimana cara menghilangkan suara atau audio pada video sebelum di submit ke Shutterstock dan tentu saja tutorial bagaimana cara mengupload video ke shutterstock menggunakan aplikasi android AndFTP.

Untuk kalian ketahui salah satu syarat wajib agar video kalian bisa diterima shutterstock adalah tidak boleh ada audio nya, jadi pertama kita harus hilangkan audio nya.

Cara yang pertama untuk kalian pengguna hp xiaomi, kalian bisa memanfaatkan fitur edit video bawaan mereka, cara nya adalah kalian buka dulu video nya via aplikasi gallery foto/video. Lalu pilih video yang mau dihilangkan suaranya, klik icon gunting yang ada di bawah video tersebut, kemudian pilih icon audio yang posisi nya paling tengah, terakhir klik icon sound yang ada di pojok kiri video hingga dia berubah menjadi muted.

Upload Video di Shutterstock Menggunakan HP

Kalau kalian tidak menggunaka HP xiaomi dan hp kalian tidak ada fitur edit video yang bisa menghapus audio nya, kalian bisa menggunakan cara kedua ini.

Kalian bisa menggunakan aplikasi video editor yang bisa kalian download di google playstore seperti filmorago, kinemaster, adobe premiere versi mobile dan lain sebagainya.

Pada tulisan ini saya akan share cara menghapus audio di video kamu dengan menggunakan aplikasi android Video Converter. Pada dasarnya aplikasi ini gratis, tapi untuk mendapatkan hasil akhir video dengan format HD kalian harus membeli lisensi nya yang menurut saya cukup murah, hanya Rp.31.000 aja.

Aplikasi ini menurut saya cukup lengkap untuk kebutuhan dasar edit video kalau kalian mau jual video kalian di shutterstock, kalian bisa hapus audio nya, edit atau potong-potong video nya dan juga kalian bisa convert video sesuai dengan yang kalian inginkan.

Pertama kalian buka dulu aplikasi Video Converter, lalu klik menu atau kotak Video Converter, setelah itu kalian pilih video mana yang akan dihilangkan audio atau suaranya. Lalu klik next (icon panah bulat di pojok kanan bawah), pilih kotak common, klik next. Klik icon + ( dipojok kanan atas) lalu pilih Video Only (pilih format= .mp4 atau .mov / Codec= H264 / FPC= Auto Select / Res= Auto Select / Bitrate= Auto Select), lalu klik icon next, terakhir klik icon ceklist/next.

Upload Video di Shutterstock Menggunakan HPOk, setelah proses awal selesai, kita lanjut ke langkah-langkah bagaimana cara mengupload video nya ke website shutterstock menggunakan aplikasi AndFTP. Download dulu aplikasi nya disini AndFTP Free.

Untuk kalian ketahui, berbeda dengan ketika kalian upload foto atau desain vector, upload video itu harus menggunakan aplikasi ftp atau file transfer protocol. Kalau kalian pakai pc atau laptop, kalian bisa menggunakan aplikasi filezilla yang direkomendasikan langsung oleh shutterstock.

Upload Video di Shutterstock

Pertama tentu saja kalian buka aplikasi AndFTP nya, lalu klik icon + ( posisi di atas ) lalu isi tan general nya :

Hostname: ftp.shutterstock.com
Type: FTP (File Transport Protocol)
Port: ((biarkan kosong))
Username: ((isi dengan alamat email yang kalian gunakan ketika sign in ke akun contributor shutterstock))
Password: ((isi dengan password yang kalian gunakan ketika sign in ke akun contributor shutterstock))

Kemudian langsung klik tombol save.

Langkah selanjutnya, klik root atau folder ftp.shutterstock.com, kemudian klik icon handphone yang ada di bagian atas lalu cari video yang ingin diupload ke shutterstock. Select atau pilih video nya kemudian klik icon upload (panah ke atas yang ada di bagian atas aplikasi). Klik OK dan tunggu hingga proses upload selesai jika sudah selesai, kalian bisa langsung masuk ke akun kontributor shutterstock kalian menggunakan browser yang ada di handphone kalian.

Kenapa tidak menggunakan aplikasi kontributor shutterstock? Karna aplikasi kontributor shutterstock hanya bisa digunakan untuk submit foto dan desain vektor, untuk proses submit video tetap menggunakan browser.

Untuk proses selanjutnya (mengisi deskripsi hingga submit video), saya sudah pernah buat video tutorialnya karna dia kurang lebih sama dengan ketika kalian submit foto, jadi silahkan tonton aja video berikut https://youtu.be/YOl_4Le7Cos

Terakhir beberapa persyaratan yang perlu kalian ketahui Upload Video di Shutterstock

  1. minimal durasinya adalah 5 detik, maksimal 60 detik atau 1 menit dan besar file nya tidak boleh lebih dari 4GB
  2. untuk format filenya kalian bisa menggunakan .mov dan .mp4
  3. untuk frame rates pilihannya sangat banyak, bisa 23.98, 24, 25, 29.97, 30, 47.95, 47.96, 48, 50, 59.94, 60
  4. untuk resolusi video yang direkomendasikan shutterstock adalah HD 1920×1080 dan 4K 4096×2160, ya walaupun resolusi SD 720×480 atau 640×480 juga diterima sih sama shutterstock
  5. kemudian yang terakhir, untuk audio harus di muted ya atau di hilangkan suara nya.

Kalau masih bingung dengan langkah-langkah nya, silahkan ikuti tutorial nya dalam bentuk video ini https://youtu.be/Tdz8EMrMztI

Freelance Photographer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.