Jualan Foto Pakai HP, Dapet Ratusan Dolar Tiap Bulan

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing sedikit banyak tentang pengalaman saya mendapatkan ratusan dollar tiap bulan dari Jualan Foto Pakai HP di internet (bahasan artikel ini lebih banyak tentang foto buka vektor ya). Sebelumnya mohon maaf jika artikel ini akan tidak beraturan bahasannya dan juga mohon maaf jika judul nya click bait banget.. hehehhe

Dalam artikel ini saya tidak akan membahan pengertian microstock ataupun macrostock, silahkan temen-temen googling aja ya, karena cukup banyak yang membahas itu.

Awal mula saya masuk ke dunia microstock karna diundang oleh gettyimages untuk berjualan di website mereka, saat itu saya hanya upload galeri foto saya di flickr.com karna dulu instagram belum booming seperti sekarang dan flickr menyediakan free storage 1 terabyte untuk menyimpan foto (sekarang dibatasi 1000 foto).

Awalnya Gettyimages berkunjung ke galeri flickr saya dan memilih foto mana saja yang layak dijual dan menyarankan saya mengirim file highrest untuk di display di website mereka, selang beberapa bulan ternyata ada invoice masuk ke akun paypal saya senilai USD60 untuk lisensi penjualan 1 foto Musium Tekstil di Kuala Lumpur, Malaysia.

Senangnya bukan main ketika ternyata foto yang saya hasilkan bisa dijual dan lumayan juga kalau 1 foto bisa menghasilkan uang USD60 x misal Rp.10.000 = Rp.600.000.

Sejak saat itu saya jadi semangat untuk upload seluruh stok foto yang nganggur di hard disk external yang memang layak (menurut saya) untuk dijual. Oh iya, selain menggunakan kamera SLR dan Mirrorless, microstock juga mengizinkan kamu Jualan Foto Pakai HP, karena perkembangan teknologi memungkinkan sensor kamera HP saat ini sudah sangat baik kualitas kamera nya.

 

CREATIVE VS EDITORIAL

Apa sih beda Creative Photo dan Editorial? Simple nya, foto creative itu ketika terdapat objek manusia atau bangunan dan bisa dikenali siapa objek tersebut, contributor harus menyertakan file model rilis untuk manusia atau properti rilis untuk bangunan. 2 jenis file rilis tersebut bisa di download disini, saya biasanya tidak menggunakan file rilis yang disediakan gettyimages tetapi menggunakan aplikasi rilis android yang berbayar namanya Easy Realase.

Dulu, ketika kita upload foto, gettyimages akan menentukan sebuah foto akan masuk ke kategori Creative atau Editorial tapi sekarang di sistem halaman upload mereka (esp.gettyimages.com) kita yang menentukan diawal apakah foto yang kita upload ini termasuk foto creative atau editorial.

 

KONTRAK KONTRIBUTOR

Ada 2 kategori kontrak untuk menjadi kontributor disebuah agensi ketika awal proses mendaftar atau saat proses upload foto, EKSLUSIVE DAN NON EKSLUSIVE.

Ekslusive berarti file foto yang kita upload pada sebuah agensi, tidak boleh kita upload pada agensi lain, misal foto ikan cupang kita upload di istock dimana posisi kita sebagai kontributor ekslusive, maka kita tidak boleh mengupload foto yang sama ke shutterstock atau adobe stock. Kalau non ekslusive kebalikannya, 1 foto yang sama boleh kita upload atau kita jual ke banyak agensi.

Selain perbedaan itu, earning yang kita dapatkan akan berbeda, kontributor ekslusive lebih besar bagiannya dari pada kontributor non ekslusive.

BERAPA YANG KITA DAPAT?

Tiap agensi foto biasanya beda perihal royalti dari tiap foto yang terjual, liat table di bawah ini:

File type Non-
exclusive
rates
Exclusive rates
and Download Targets needed to reach them
25% 30% 35% 40% 45%
Photo 15% Default 650 6,500 26,500 396,000
Illustration 20% n/a Default 5,500 20,000 132,000
Video 20% Default 250 1,500 3,500 26,500

Tabel di atas rate card untuk istock ekslusive dan non ekslusive kontributor. Untuk non ekslusive royalti nya flat untuk foto 15%, Ilustrasi/Vektor 20% dan video 20%, nah yang kontributor ekslusive akan naik presentasi nya seiring bertambah jumlah file yang dibeli/didownload oleh konsumen.

 

GETTYIMAGES DAN ISTOCK

Beberapa tahun lalu gettyimages mengakuisisi istock photo dan beberapa agensi foto masuk ke dalam lingkarannya seperti corbis dan thinkstock. Gettyimages masuk kategori macrostock sedangkan istock masuk kategori microstock, gettyimages kontraknya pasti ekslusive contributor dan istock bisa eklusive dan bisa tidak tergantung pilihan kita sendiri.

Setahu saya, sekarang kita tidak bisa mendaftar langsung menjadi kontributor gettyimages, ketika mendaftar kita akan masuk dulu menjadi kontributor ekslusive atau non ekslusive nya istock, gettyimages menjaring kontributor melalui undangan atau penawaran dari mereka sendiri ketika kita sudah punya banyak stok foto di istock dan kualitas penjualannya bagus.

Informasi yang diberikan terkait earning yang kita dapat dari hasil penjualan foto di Gettyimages dan istock tidak realtime, biasanya tiap tanggal 20 setiap bulannya baru akan diumumkan hasil royalti dari penjualan selama 1 bulan.

Untuk mendaftar menjadi kontributor istock, temen-temen bisa melalui link berikut:

Gettyimages dan istock – Work with us

 

SHUTTERSTOCK

Dulu, untuk menjadi kontributor shutterstock sangat sulit, saya beberapa kali mendaftar menjadi kontributor selalu ditolak, karna mereka menerapkan standar yang cukup tinggi ditambah saat itu kontributor ketika mendaftar harus juga mengupload scan paspor. Tapi alhamdulillah pertengahan tahun 2018 akhirnya saya bisa juga masuk sebagai kontributor dan saat ini untuk menjadi kontributor shutterstock tidak perlu lagi mengupload scan paspor.

Shutterstock sama seperti istock, dia masuk kategori microstock yang royalti dari penjualan tiap foto nya lumayan kecil, untuk shutterstock sekitar $0.25 dan royalti terkecil yang pernah saya dapet dari istock $0.03. tapi ada beberapa teman yang memang kualitas foto nya sangat bagus dan beruntung bisa laku terjual mahal sehingga dia bisa mendapat royalti hingga sekitar $80 lebih.

 

ADOBE STOCK DAN DREAMSTEAM

Saya tidak akan membahas detail 2 agensi ini karena memang saya tidak fokus upload di sini, alasannya agak males sih sebenarnya karena melihat hasil review dari temen-temen yang lebih senior main di microstok, 2 agensi ini penjualannya kurang bagus. Tapi jika temen-temen sudah menjadi kontributor non ekslusive di shutterstock dan istock, rasanya sayang kalau foto temen-temen Cuma diupload di dua agensi tersebut, sekalian aja diupload di adobestock dan dreamsteam, silahkan mendaftar di link berikut:

Adobe stock – sign up  |  Dreamsteam – sign up  |  123Rf – sign up

Sebenarnya masih banyak sekali website microstock diluar sana untuk kamu Jualan Foto Pakai HP. Jika ada yang ingin temen-temen tanyakan, silahkan tulis di kolom komentar ya ! Terima kasih.

Freelance Photographer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.