Foto Editorial atau Komersial? Begini Cara Menentukannya

Foto Editorial atau Komersial ? Begini Cara Menentukannya Saat Submit di Microstock. Artikel ini sebenarnya saya buat untuk membantu temen-temen kontributor yang masih baru di dunia Microstock yang masih bingung dalam memilih kategori foto editorial atau foto komersial saat melakukan submit foto.

Untuk perbedaannya temen-temen bisa baca melalui artikel berikut Ini Perbedaan Foto Editorial dan Foto Komersial. Setidaknya ada 4 tips Cara Menentukan Foto yang Disubmit Masuk Kategori Editorial atau Komersial

1. Apakah di foto yang akan kalian submit ada objek manusia/model nya ?

Kalau tidak ada, kalian bisa memasukan foto tersebut ke kategori komersial, kalau ada dan kalian punya model rilisnya, silahkan masukan foto tersebut juga ke kategori komersial dan kalau ada objek manusianya dan kalian tidak punya model rilisnya, masukan foto tersebut ke kategori editorial.

Jika di foto tersebut hanya nampak bagian tubuh, misal tangan, rambut atau kaki manusia, yang menurut kalian tidak bisa di kenali (ingat ya kata kunci nya bisa dikenali atau tidak bisa dikenali) masukan foto tersebut ke kategori komersial walau tanpa model rilis.

2. Apakah foto yang akan kalian submit itu ada karya seni nya atau semacam properti yang membutuhkan properti rilis, seperti lukisan, tatto, mural, grafiti, patung, action figure dan private building.

Kalau tidak ada, kalian bisa memasukan foto tersebut ke kategori komersial, pun kalau ada dan kalian punya properti rilisnya, silahkan masukan foto tersebut juga ke kategori komersial tetapi kalau ada dan kalian tidak punya properti rilisnya, masukan foto tersebut ke kategori editorial.

3. Apakah di foto yang akan kalian submit ada elemen sebuah produk nya, misal logo, merek, nama perusahan atau elemen-elemen desain yang unik dan mencirikan dari sebuah produk ?

Jika tidak ada logo atau elemen produk nya, kalian bisa masukan ke kategori komersial. Jika ada dan kalian bisa menghapus nya maka masukan foto tersebut ke kategori komersial, tetapi jika kalian tidak bisa menghapusnya, maka masukan foto tersebut ke kategori editorial.

4. Apakah foto yg akan kalian submit diambil di acara atau event-event yang berbayar, seperti konser musik, pertandingan olahraga dan lainnya ?

Kalau tidak, kalian bisa memasukan foto tersebut ke kategori editorial. Tetapi jika event nya berbayar kalian tidak bisa memasukan foto tersebut ke kategori editorial, karena itu newsworthy dan kalian harus mendaftar menjadi kontributor khusus editorial, atau tetap bisa dimasukan ke kategori editorial asal temen-temen punya yang namanya credential press atau kartu pers.

Semoga dari artikel ini kamu bisa lebih faham dan ngga bingung lagi saat menentukan foto yang akan kamu submit atau kamu jual di microstock itu masuk ke kategori editorial atau komersial.

Emang dampaknya apa sih jika salah menentukan?

Ya menurut saya sayang aja kalau foto yang harus nya bisa masuk kategori komersial dan dijual untuk penggunaan yang lebih luas, malah masuk ke kategori editorial yang penggunaannya terbatas dan secara harga relatif bisa lebih murah daripada foto komersial.

Freelance Photographer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.