Belajar Jualan Foto Bareng Fajrul Islam

Cara Mudah dan Murah Membuat Website dengan WordPress

Membuat Website dengan Wordpress copy

Tulisan ini diperuntukan bagi temen-temen yang baru mulai belajar membuat website dengan wordpress versi web bukan yang versi blog ya, khusus nya untuk temen-temen UKM yang ingin memperluas cakupan konsumennya menggunakan website.

Sewa Domain + Hosting

Pertama yang harus temen-temen lakukan adalah menyewa domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? temen-temen bisa googling sendiri ya 😀 saya pribadi biasa menggunakan IDwebhost dan Hawkhost. harga paling murah kisaran 250ribu sudah termasuk domain dan hosting untuk waktu sewa 1 tahun (murahkan).

Ketika kamu sudah selesai melakukan pembayaran sewa domain dan hosting untuk 1 tahun, kamu akan diberikan akses untuk masuk ke akun kamu di website penyewaan domain dan hosting, di dalam akun tersebut kamu akan menemukan link berupa menu untuk masuk ke dalam Cpanel, silahkan klik icon Cpanel tersebut.

Instal Engine WordPress

Setelah kamu berada di halaman halaman Cpanel, cari tools untuk menginstal engine wordpress ke dalam hosting yang kamu sewa, kamu bisa menggunakan Fantastico atau Softaculous, klik salah satunya kemudian kamu akan masuk ke halaman awal untuk mengintal wordpress, klik icon wordpress, isi form yang kemudian muncul, ikuti seperti di bawah ini:

Halaman Instal WordPress dengan Softaculous

Choose the version you want to install: pilih versi wordress yang akan kamu instal

Choose installation url: jika kamu punya lebih dari 1 domain, pilih domain mana yang ingin kamu instal engine wordpress serta kosongkan kotak directory jika kamu tidak ingin menginstal nya sub domain (misal: www.fajrulisme.com/websaya)

Site name dan site description: Isi nama website dan slogan untuk website kamu (misal: Maria Muslimah Shop/Teman Berbelanja Produk Muslimah)

Admin username dan Admin password: Isi username dan password yang nantinya akan kamu gunakan ketika masuk ke pengaturan administrator.

Select Theme: Pilih salah satu tema/tampilan yang sesuai dengan website yang akan kamu buat.

Cek, sekali lagi untuk memastikan tidak ada yang keliru. Kemudian klik tombol Install.

 

Selesai, kini kamu sudah bisa Membuat Website dengan WordPress dengan domain kamu sendiri.

Ketik nama domain kamu di browser atau tambahkan /wp-admin di akhirannya untuk masuk ke halaman administrator.

Langkah selanjutnya adalah mengganti tema atau template untuk mempercantik tampilan website kamu. Caranya akan saya share pada artikel berikutnya.

Jika temen-temen menemukan kesulitan, silahkan tulis dibagian komentar.

Exit mobile version