Cara Membuat Deskripsi Foto Saat Upload di Shutterstock

Salah satu hal mendasar yang cukup membingungkan bagi kontributor yang baru saja bergabung di Shutterstock adalah proses upload dan bagaiman Cara Membuat Deskripsi Foto serta menyertakan kata kunci atau keyword pada foto yang ingin dijual.

Artikel ini saya buat untuk kamu para kontributor pemula yang masih bingung bagaimana Cara Membuat Deskripsi Foto Saat Upload di Shutterstock.

Yang pertama tentunya kamu harus login dulu ke halaman kontributor Shutterstock di www.submit.shutterstock.com kemudian klik tombol warna merah bertuliskan “upload images“. Klik tombol select multiple files atau drag and drop aja foto yang mau diupload ke kotak yang berada di tengah.

Cara Upload Foto dan Membuat Deskripsi Foto di Shutterstock

Setelah itu klik tombol next di bawah jika semua foto sudah selesai semua terupload dan kamu akan berpindah ke halaman inti dari artikel ini.

Cara Upload Foto dan Membuat Deskripsi Foto di Shutterstock

Pilih/ceklis salah satu foto yang ingin kamu submit terlebih dahulu, jika punya banyak foto yang mirip atau setema, kamu bisa juga langsung menceklis lebih dari 1 foto.

Di sebelah kanan akan ada banyak kotak yang harus kamu isi. Yang pertama, pilih dulu file yang akan kamu submit berupa karya fotografi atau ilustrasi/vektor. Pindah ke bawah jika kamu mengupload karya foto, tentukan apakah karya foto kamu itu termasuk foto editorial atau commercial.

Salah satu yang akan berpengaruh pada hasil pencarian customer ketika mencari foto di fitur search nya Shutterstock selain keywork yang tepat adalah isi deskripsi yang tepat dan lengkap.

Isi deskripsi dari foto kalian minimal terdiri dari 5 kata dan maksimal 200 karakter. Isi sesuai dengan karya foto yang akan kamu submit dan wajib menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan google translate jika belum bisa bahasa Inggris, so do I 😀

Untuk foto komersil, Misal saya ingin submit foto kedua dari kiri, seorang wanita muslim yang masih muda menerima uang indonesia dari seorang laki-laki yang tidak diketahui wajahnya membelakangi background biru “A young muslim woman taking Indonesian currency from unrecognizable man against blue background“.

Untuk foto editorial biasanya format penulisan deskripsinya seperti penulisan caption foto berita yang harus berisi 5W1H, Apa saja itu? What, Where, When, Who, Why dan How. Misal (foto yang tengah) “Banten, Indonesia – August 7, 2019: A man standing on cracked soil due to drought in Pandeglang, Banten Province, Indonesia on August 7, 2019“.

Selanjutnya kamu pilih kategori 1 dan 2 sesuai foto yang akan kamu submit. Misal untuk foto kopi kamu bisa pilih kategori Food and Drink dan Object.

Lanjut menu ke bawah ada Release (Model Rilis dan Properti Rilis). Kamu wajib menyertakan file rilis jika ada model manusia di karya foto yang akan kamu submit atau file properti rilis jika karya foto kamu memuat sebuah bangunan atau desain interior atau lukisan dan karya seni lainnya.

Baca juga : Aplikasi Android Easy Release Untuk Membuat Model dan Properti Rilis

Yang terakhir dan yang sangat penting adalah mengisi kolom keyword atau kata kunci. Untuk mengisi keyword ini sebenarnya saat ini sudah sangat mudah karena Shutterstock sendiri sudah menyediakan fitur Keyword Tool yang berada di samping icon Deleted di sebelah atas.

Kamu klik icon Keyword tool nya maka akan muncul pop up pencarian keyword. Di kolom search kamu isi dengan kata-kata yang sekiranya cocok dengan foto yang akan kamu upload, misal “woman taking Indonesian currency” lalu tekan enter di keyboard kamu, maka akan muncul banyak foto yang mirip dengan foto yang akan kamu submit.

Pilih minimal 3 foto dari hasil pencarian tersebut, maka disebelah kanan akan muncul keyword-keyword yang sesuai dengan foto kamu. Klik keyword itu, pilih yang sesuai, tepat dan akurat dengan foto kamu, maksimal 50 kata, setelah itu klik tombol merah Attached to selected.

Terakhir sekali, pastikan semua isian nya sudah benar lalu klik tombol merah submit di kanan bawah. DONE !!

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan silahkan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan !!

 
Saya juga buatkan versi video nya Tutorial Microstock Indonesia – Cara Membuat Deskripsi Foto Saat Submit ke Shutterstock dan Gettyimages

Freelance Photographer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.