9 Tips Cara Membuat Keyword Saat Submit di Gettyimages dan Shutterstock

9 Tips Cara Membuat Keyword – Keyword atau kata kunci yang kamu buat akan sangat membantu pelanggan menemukan gambar/video/ilustrasi kamu. Yang pertama harus kamu ketahui adalah semua judul dan deskripsi (kalau shutterstock hanya deskripsi saja) harus dalam bahasa Inggris, bila nama object yang ada di gambar kamu harus dengan bahasa Indonesia karena tidak ada terjemahan bahasa Inggrisnya misal nama makanan khas Indonesia, gunakan tanda petik ” atau dengan awalan (named/called/well known as, Indonesian food called Getuk Lindri).

Berikut ini saya coba sharing 9 Tips Cara Membuat Keyword Saat Submit di Gettyimages dan Shutterstock

  1. Tambahkan kata kunci yang secara akurat menggambarkan subjek utama dan tema gambar atau video.
  2. Sertakan kata kunci lokasi geografis yang spesifik dan akurat. Ini bisa berupa kota, negara bagian, provinsi, negara, wilayah, taman, dll. Untuk kontributor Gettyimages jika kamu sudah menambahkan lokasi ini di menu Negara, Kota, atau Provinsi, Anda tidak perlu menambahkan mereka sebagai kata kunci terpisah.
  3. Pastikan Judul yang kamu buat menjelaskan file gambar/video/ilustrasi yang kamu submit, dan deskripsi memberikan informasi pendukung tambahan tentang subjek dalam file kamu.
  4. Buat sejelas mungkin, terutama saat penulisan kata kunci – tambahkan keyword English Bulldog, bukan hanya Dog; atau tambahkan keyword Cattle bukan hanya Cow untuk object Sapi, Lebih spesifik tambahkan keyword Tulip bukan Flowers saja.
  5. Tambahkan kata kunci yang paling spesifik. Misal file gambar/video/ilustrasi kamu adalah buah Jeruk dengan  keyword citrus fruit, Orange, pastikan untuk menambahkan juga kata kunci Orange – fruit. Karena kata Orange saja dapat menggambarkan buah, warna, atau nama lokasi.
  6. Jangan menambahkan kata kunci untuk hal-hal yang tidak terlihat dalam file gambar/video/ilustrasi atau berada di latar belakang dan bukan subjek utama. Misalnya, gambar yang menunjukkan objek stetoskop dan tidak ada orangnya, cukup beri keyword stethoscope, jangan tambahkan keyword Doctor atau Nurse. Untuk file gambar/video/ilustrasi yang berfokus pada orang-orang di latar depan dengan pohon di latar belakang, jangan tambahkan pohon.
  7. Jangan tambahkan kata kunci secara massal (kadang kita copas dari file yang mirip dan sudah kita submit sebelumnya) tanpa memeriksa apakah kata kunci tersebut akurat untuk setiap gambar. (Untuk kontributor Gettyiamges) Jika kata kunci One Person akurat untuk beberapa gambar dalam satu batch, tetapi tidak untuk yang lain, hanya terapkan pada gambar yang masuk akal.
  8. Jangan tambahkan kata kunci lokasi yang bertentangan. Jika gambar menunjukkan kebun anggur di Napa Valley, California, jangan tambahkan kata kunci Tuscany, Prancis, Chili, dll.
  9. Jangan menambahkan usia manusia, jenis kelamin manusia, atau kata kunci etnis yang tidak akurat. Kata kunci yang menggambarkan orang yang terlihat di file gambar/video/ilustrasi kamu harus didukung oleh model rilis kecuali masuk ke editorial untuk foto. Sebagai contoh, sebuah file yang menunjukkan seorang wanita berusia 24 dan dia mengindikasikan pada model rilisnya bahwa dia beretnis Indonesia dan berjenis kelamin Wanita, tambahkan keyword Young Women, 20-24 Years, Indonesian ethnicity. Jangan menambahkan Chinese ethnicity, Teenagers atau Girls ke keyword. Karna Kata itu tidak secara akurat mencerminkan individu dalam gambar.

Baca juga: Cara Membuat Deskripsi Foto Saat Upload di Shutterstock

Berikut contoh dengan gambar.

Title: Young Muslim women smiling while online shopping in front of a laptop holding a credit card.

10 Tips Cara Membuat Keyword Saat Submit di Gettyimages dan Shutterstock

 

WHO

One person, Young woman, 20-24 years, Indonesian ethnicity, Islam

WHAT

Looking away, smiling, typing, holding, credit card, laptop

WHERE and WHEN

Indoor, Day, Office, Indonesia, Asia

WHY (concept)

Beautiful woman, Millenial generation, Confidence, Online shopping

TECHNIQUE

Cut out, Copy space

Freelance Photographer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.